ENERGI

Posted: November 5, 2012 in IPA, Pendidikan, Tugas Kuliah

Energi adalah kemampuan melakukan usaha. Usaha yang dimaksud dalam definisi ini adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perubahan. Misalnya perubahan posisi (gerak), perubahan bentuk, perubahan wujud, perubahan struktur kimia, atau perubahan volume. Dalam berbagai perubahan tersebut energipun turut mengalami perubahan bentuk tapi tidak hilang atau berkurang. Hal ini dikenal dengan hukum kekekalan energi: “di alam ini tidak ada makhluk yang dapat menciptakan dan memusnahkan energi”.

Bentuk-bentuk energi yang populer adalah energi kinetik pada benda yang bergerak, energi potensial yang dimiliki benda karena kedudukannya dari permukaan bumi atau karena kelenturan (elatisitas)nya, energi listrik pada benda yang bermuatan listrik, enegi kimia karena adanya reaksi kimia, energi cahaya, dan energi panas (kalor). Semua bentuk enegi ini dapat berubah satu terhadap lainnya. Misalnya energi listrik dapat berubah menjadi energi cahaya dan bunyi.

 

Energi dan Usaha

Menurut fisika, usaha tidak terlepas dari gaya dan perpindahan. Bila gaya bekerja pada sebuah benda sehingga benda berpindah selama gaya bekerja, maka gaya tersebut melakukan usaha.

Alat yang digunakan untuk mempermudah manusia untuk melakukan usaha/kerja dalam fisika disebut pesawat. Beberapa contoh pesawat sederhana antara lain:

  1. Tuas
  2. Katrol
  3. Roda bergandar
  4. Bidang miring
  5. Sekrup
  6. Baji
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s