RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS IV SEMESTER 2

Posted: November 2, 2012 in Pendidikan, Tugas Kuliah
Tag:

Oleh:

Rian Yoki Hermawan

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SD / MI                                                  : ……………………….

Mata Pelajaran                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas/Semester                                 : VI/2

Alokasi Waktu                                    : 2 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi

Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya.

B.     Kompetensi Dasar

Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.

C.    Indikator

1. Kognitif          :

Produk:

  1. Menyebutkan bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia.
  2. Mengidentifikasi faktor penyebab bencana alam.
  3. Mengidentifikasi gejala awal terjadinya bencana alam.
  4. Mendeskripsikan tindakan cara menyelamatkan korban bencana alam.
  5. Mengidentifikasi akibat terjadinya bencana alam.

Proses:

Melaksanakan pengamatan dan kerja kelompok untuk menemukan cara-cara menghadapi bencana alam.

2. Afektif

  1. Mengembangkan sikap saling tolong menolong antar umat manusia bila tertimpa bencana alam.
  2. Menumbuhkan rasa cinta lingkungan dengan menjaga kelestarian lingkungan untuk mencegah terjadinya bencana alam.

3. Psikomotor

a.   Terampil menggolongkan jenis bencana alam ( ulah manusia atau alami ) dan memberikan penjelasan tentang cara pencegahan dan penanggulangan akibat dampak yang ditimbulkannya.

D.      Tujuan Pembelajaran :

1. Kognitif           :

Produk:

  1. Siswa dapat Menjelaskan bencana alam yang terjadi di Indonesia.
  2. Siswa dapat Mengidentifikasi faktor penyebab bencana alam
  3. Siswa dapat Mengidentifikasi gejala awal terjadinya bencana alam
  4. Tanpa melihat buku siswa dapat Mendeskripsikan tindakan cara menyelamatkan korban bencana alam
  5. Secara mandiri dan tanpa membuka buku siswa Mengidentifikasi akibat terjadinya bencana alam.

Proses:

  1. Dengan menggunakan LKS siswa dapat bekerja kelompok untuk menemukan cara-cara menghadapi bencana alam.

 

2. Afektif

  1. Dengan memahami bahwa setiap manusia tidak dapat hidup sendiri, siswa memiliki sikap untuk saling tolong menolong antar umat manusia bila tertimpa bencana alam.
  2. Dengan memahami bahwa bencana alam juga disebabkan oleh perbuatan manusia, siswa memiliki sikap cinta terhadap lingkungan dengan menjaga kelestariannya untuk mencegah terjadinya bencana alam.

3.  Psikomotor

Dengan disediakan gambar serta video siswa dapat dengan terampil menggolongkan jenis bencana alam ( ulah manusia atau alami ) kemudian memberikan penjelasan tentang cara pencegahan dan penanggulangan akibat dampak yang ditimbulkannya.

E.       Materi Pembelajaran  :

”Cara-cara menghadapi bencana alam”.

F.       Model dan Metode Pembelajaran :

Model Pembelajaran : Model pembelajaran PAIKEM.

Metode Pembelajaran             :

a.    Kerja Kelompok

b.    Tanya jawab

G.      Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Wak
1.  Kegiatan Awal

  1. Guru mengucapkan salam
  2. Apersepsi
  3. Guru mengajak para siswa untuk mengingat kembali tentang bencana luapan lumpur lapindo yang diakibatkan oleh kesalahan manusia.
  4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  5. Motivasi
  6. Guru menjelaskan pentingnya mempelajari cara menghadapi bencana alam.

2.    Kegiatan Inti
Pertemuan 1

  • Guru memutarkan video tentang bencana alam yang terjadi di Indonesia, serta memberikan artikel-artikel tentang bencana alam.
  • Guru meminta siswa untuk mengelompokkan jenis bencana alam yang terjadi di indonesia beserta tindakan dalam menghadapi bencana tersebut dengan melihat video dan membaca artikel yang sudah disediakan.
  • Siswa mengelompokkan jenis bencana alam (ulah manusia atau alami )  yang terjadi di indonesia beserta cara dalam menghadapi bencana tersebut dengan melihat video dan membaca artikel yang sudah disediakan.
  • Siswa menuliskan hasil pengelompokan bencana alam (ulah manusia atau alami ) beserta tindakan yang harus dilakukan dalam LKS.

      Pertemuan 2

  • Siswa secara berkelompok melakukan diskusi untuk mengidentifikasi cara mencegah terjadinya bencana banjir.
  • Ø Siswa secara berkelompok melakukan diskusi untuk mengetahui tindakan yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi
  • Ø Tiap-tiap kelompok menugaskan wakil kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok ke depan kelas.
  • Ø Guru menyimpulkan tindakan yang harus dilakukan dalam  menghadapi bencana alam.

3.   kegiatan akhir

a.  Merangkum

Guru mengajak siswa merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran.

b.  Menilai

Guru memberikan tes tertulis

c.  Refleksi

Guru mengajak merefleksikan pengalaman hidup dengan materi pembelajaran.

10 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10 menit

 

H.      Penilaian    :

1. Penilaian Kognitif

a.  Penilaian Produk (terlampir)

b. Penilaian Proses (terlampir)

2. Penialain Afektif (terlampir)

3. Penilaian Psikomotor (terlampir)

 

I.       Sumber Belajar dan Media Pembelajaran  :

  1. Buku Sekolah Elektronik: Nugroho, Arif Julianto Sri, 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial, SD Kelas VI, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Gambar-gambar bencana alam
  3. Artikel tentang bencana alam
  4. Lembar kerja siswa.

 

Lampiran 1. Lembar Kerja Siswa

 

LEMBAR KERJA SISWA

Petunjuk

Ikuti diskusi kelas dengan baik kemudian hasilnya tuliskan dalam tabel dibawah ini.

Tabel 1. Pengelompokan Jenis Bencana

  Jenis bencana
No.. Ulah manusia alami
1    
2    
3    
4    

 

Tabel 2. Cara Mencegah Terjadinya bencana banjir

No. Cara Mencegah Terjadinya bencana banjir
1.  
2.  
3.  
4.  
5.  

 

 

Petunjuk :

Buatlah kelompok diskusi yang beranggotakan 3-4 orang, kemudian jawablah pertanyaan berikut ini  :

  1. Apakah tindakan yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi ?
  2. Apakah tindakan yang harus dilakukan saat terjadi longsor?

Jawaban pertanyaan ini, tuliskan dalam Tabel 3 dan Tabel 4 berikut ini.

 

 

Tabel 3. Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi

No. Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi
1.  
2.  
3.  
4.  
5.  

 

 

Tabel 4. Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Longsor

No. Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Longsor
1.  
2.  
3.  
4.  
5.  


Lampiran 2. Kunci Lembar Kerja Siswa

KUNCI LEMBAR KERJA SISWA

Table 1. Pengelompokan Jenis Bencana

  Jenis bencana
No.. Ulah manusia alami
1 Banjir tsunami
2 Tanah longsor Gunung merapi
3 Lumpur lapindo Gempa Bumi

 

Tabel 2. Cara Mencegah Terjadinya bencana banjir

No. Cara Mencegah Terjadinya bencana banjir
1. Buanglah sampah pada tempatnya.
2. Tidak membangun rumah di bantaran sungai.
3. Tidak membuang sampah di sungai.
4. Kerja bakti membersihkan sungai
5. Membuat resapan air

 

Tabel 3. Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi

No. Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi
1. Apabila kamu berada di dekat pintu atau jendela, segeralah berlari ke luar rumah.
2. Apabila kamu di dalam ruangan rumahmu, segera masuklah ke bawah meja untuk melindungi tubuhmu.
3. Ingat! Jangan berlindung di balik lemari karena bisa roboh akibat getaran gempa.
4. Lihatlah keadaan atau kondisi dengan tenang! Jangan terburu buru keluar rumah.
5. Apabila kamu berada di luar rumah, hindarilah bangunan tinggi, papan

 

 

Tabel 4. Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Longsor

No. Tindakan Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Longsor
1. Waspadai turunnya hujan deras secara terus-menerus di kawasan bukit atau pegunungan di sekitarmu. Bencana tanah longsor sering terjadi karena banyaknya curah hujan di kawasan tersebut. Hal ini pernah terjadi di Tawangmangu, Karanganyar sebelum terjadi tanah longsor.
2. Ajaklah orang tuamu untuk mengungsi ke tempat saudaramu yang jauh dari lokasi tersebut. Hal ini penting karena kita tidak bisa menduga datangnya tanah longsor.
3. Rawat dan simpanlah dokumen-dokumen penting milikmu dan keluargamu. Pastikan dokumen itu mudah kamu bawa pergi seandainya harus mengungsi.
4. Tetap tenanglah di tempat pengungsian sambil pantau berita yang pasti dari pemerintah setempat. Hal ini penting untuk menghindari kesimpangsiuran mengenai bencana tersebut.


 

Lapiran 3. Penilain Kognitif

 

A.   Penilaian Kognitif

1.  Penilaian Produk

  1. Ceritakan salah satu bencana alam yang terjadi di Indonesia!
  2. Jelaskan caramu menghadapi bencana banjir!
  3. Jelaskan langkah pemerintah dalam menghadapi bencana gempa bumi!
  4. Apa yang seharusnya dilakukan masyarakat setelah terjadi bencana?
  5. Bagaimana sikapmu dengan bencana yang melanda bangsa Indonesia?

Contoh Jawaban Model

  1. Bencana tsunami yang pernah terjadi 26 Desember 2004 di Aceh menghancurkan ratusan rumah di daerah tersebut.
  2. Cara menghadapi bencana banjir di antaranya adalah :
  • Membiasakan hidup bersih dan sehat. Buanglah sampah pada tempatnya.
  • Ingat, sungai bukan tempat sampah! Perilaku membuang sampah di sungai harus dihentikan karena bisa menyebabkan banjir.
  • Tidak membangun rumah di bantaran sungai. Masyarakat justru harus membersihkan sungai secara teratur.
  • Meletakkan dokumen penting secara benar. Sewaktu-waktu terjadi banjir harus diselamatkan. Selain itu, kenali tanda-tanda terjadinya bencanabanjir.
  1. Ada beberapa langkah yang dilakukanb pemerintah. Kamu harus mengetahuinya:
  • Pemerintah telah membuat peta rawan bencana gempa bumi.
  • Apabila kamu berada di daerah rawan gempa maka kamu harus mempelajarinya.
  • Pemerintah mengadakan pendidikan, penyuluhan, dan pelatihan tentang bencana alam. Hal ini penting untuk menyiapkan kewaspadaan masyarakat di daerah rawan bencana.
  • Pemerintah telah membuat sebuah lembaga yang khusus menangani bencana. Lembaga tersebut adalah Badan Koordinasi Penanggulangan Bencana Alam. Informasi tentang bencana bisa didapatkan dari lembaga ini.
  1. Secara swadaya mereka mendirikan posko-posko, tenda darurat, atau dapur umum. Tanpa dikomando, para ibu menyediakan makanan untuk bersama. Masyarakat juga mengadakan penjagaan terhadap rumahrumah yang terkena bencana.
  2. Bencana datang bukan tanpa sebab. Bisa jadi Tuhan tengah menunjukkan kasih sayang-Nya kepada kita. Kita harus bersahabat dengan alam dan lingkungan. Kita harus menyadari bahwa kita tidak hidup sendirian. Betapa penting kita membangun kebersamaan dalam suka dan duka.

 

 

 

 

2.  Penilaian Proses

 

Contoh Lembar Observasi Diskusi Kelompok

Nama peserta didik: ________ Kelas: _____

No. Aspek Yang Dinilai Baik Tidak baik
1. Kemampuan mengemukakan pendapat    
2. Kemampuan bertanya    
3. Kemampuan mempertahankan pendapat    
4. Penguasaan Substansi materi    
Skor yang dicapai  
Skor maksimum  

Keterangan :

Baik mendapat skor 1

Tidak baik mendapat skor 0

Nilai akhir       =           x 100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 4. Penilaian Afektif

 

Skala Sikap

 

No. Pernyataan Pilihan Sikap
SS S R TS STS
1. Rasa cinta terhadap lingkungan perlu ditumbuhkan.          
2. Saling membantu antar warga negara yang terkena bencana perlu dikembangkan.          
3. Membuang sampah  ditempatnya merupakan wujud dari rasa cinta terhadap lingkungan.          
4. Menebang pohon secara sembarangan merupakan tindakan yang merusak alam.          
5. Ikut bekerja bakti membersihkan sungai merupakan pencegahan bencana banjir.          

Keterangan :

SS    : Sangat Setuju

S      : Setuju

R      : Ragu-ragu

TS    : Tidak Setuju

STS  : Sangat Tidak Setuju


Lampiran 5. Penilaian Psikomotor

 

Lembar Observasi

 

No. Kegiatan Benar Salah
1. Menggolongkan jenis bencana alam ( ulah manusia atau alami )    
2. Memilih gambar tsunami    
3. Memilih gambar gunung meletus    
4. Memilih gambar banjir    

Keterangan :

Benar mendapat skor 1

Salah mendapat skor 0

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s